, ,

Bisnis: Mencari Niche yang Tepat

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 14, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Dalam berbisnis, mencari niche untuk kamu fokuskan tentu sangatlah penting. Niche ini sendiri memiliki artian yaitu bagian dari sektor ataupun segmen pasar yang ingin kamu sasar. Walaupun terdengar mudah, kamu juga harus memikirkannya dengan matang karena hal ini akan menentukan nasib dari perjalanan bisnis kamu ke depannya.

Baca juga: Bisnis: Tips Budidaya Jamur Tiram Pendulang Rupiah

Terus, bagaimana dong cara mencari niche yang tepat? Tenang, yuk langsung baca penjelasan yang OrderOnline bagikan di bawah ini.

Mendengar Permintaan Pasar

Niche Bisnis dari Permintaan Pasar

Hal pertama dalam mencari niche bisnis yang tepat adalah; kamu harus mendengarkan permintaan pasar. Demand dari pasar selalu memiliki potensi yang terbilang besar. Oleh karena itu, kamu juga harus pintar-pintar melihat kesempatan dari permintaan pasar ini.

Salah satu niche yang mengikuti permintaan pasar adalah niche alat kesehatan. Seperti yang sama-sama kita ketahui, masyarakat beramai-ramai membeli masker kain kala COVID-19 mewabah. Permintaan akan masker kain pun terhitung sangat tinggi kala itu.

Dari contoh di atas, kamu pun bisa mencoba untuk terlebih dahulu melihat potensi dari permintaan pasar di saat ini. Jika kamu terus melakukannya, kamu pasti tidak akan kehabisan ide bisnis.

Mengikuti Trend

Tips kedua dalam mencari niche adalah trend. Kamu bisa coba lihat kira-kira hal apa saja yang sedang trend saat ini. Namun, kamu perlu berhati-hati juga karena apa yang populer hari ini belum tentu akan tetap populer hinga ke bulan-bulan yang akan datang.

Jadi, kamu juga harus jeli dalam melihat kondisi ini. Jangan sampai kamu hanya mengikuti trend dengan buta dan tanpa perancanaan yang matang.

Salah satu contoh niche yang hampir selalu populer adalah industri kecantikan. Untuk saat ini yang masih populer di atas angin setelah sekian lama adalah produk kecantikan asal Korea.

Niche ini dapat bertahan lumayan lama sejak demam K-pop merambah ke Indonesia dan seluruh dunia.

Perempuan dan Para Ibu

Niche Bisnis dari Minat Kaum Perempuan

Sebuah riset menunjukkan bahwa perempuan lebih sering berbelanja di Toko Online. Seringkali bahkan, para ibu berbelanja tanpa memperhatikan penilaian toko. Asal foto produk dan harga sudah cocok, para ibu biasanya akan langsung membeli tanpa pikir panjang.

Nah, dengan tendensi para perempuan ataupun para ibu dalam berbelanja, kamu juga bisa memanfaatkan niche yang kiranya menyasar kalangan ini untuk bisnis kamu. Kamu bisa coba cari produk yang mungkin akan digemari para perempuan dan ibu-ibu.

Bukan tidak mungkin nantinya bisnis ataupun toko online kamu akan dibanjiri konsumen dari kalangan perempuan dan para ibu.

Produk Best Seller dari E-Commerce

Tips mencari niche bisnis selanjutnya adalah mencontoh produk best seller dari beberapa e-commerce. Kamu hanya perlu mengunjungi kategori produk best seller yang ada pada platform e-commerce ternama seperti Amazon, AliExpress, Tokopedia, dan platform lainnya.

Dari katalog top seller ini, kamu nantinya sudah mulai bisa terbayang dong kira-kira mau jualan produk potensial seperti apa.

Seperti yang kita tahu, Google Trends memiliki salah satu fungsi untuk mengetahui hal apa ataupun produk apa saja yang sedang populer di masyarakat. Kamu juga dapat mengetahui topik apa saja yang sedang ramai dibicarakan oleh para netizen.

Dengan data dari Google Trends ini, kamu akan dapat mengolahnya untuk menemukan niche apa yang kira-kira tepat bagi bisnis kamu.

Untuk melakukannya, kamu bisa coba ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Buka halaman Google Trends.
  • Pilih keyword yang akan kamu gunakan untuk riset (contohnya; ayam geprek).
  • Analisis grafik Google Trends dari keyword tersebut.
  • Analisis juga minat berdasarkan daerah.
  • Terakhir, coba compare atau bandingkan dengan keyword yang lain.

Menemukan Trend Niche dari Facebook dan Instagram Ads

Niche Bisnis dari Facebook dan Instagram

Memasang iklan di Facebook dan Instagram merupakan salah satu cara jitu yang banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis saat ini.

Iklan Facebook dan Instagram akan sangat mudah menarik traffic dari para pengguna media sosial.

Setelah mengetahui hal ini, kamu juga bisa menemukan kira-kira produk apa yang sedang populer dan banyak digemari oleh masyarakat.

Dari hal ini, kamu mungkin bisa mencontoh dan membuat produk yang sama ataupun variasinya. Kamu pun akan dapat memilih produk ini sebagai ide bisnis kamu ke depannya.

Nah, setelah kamu baca artikel penjelasan dari OrderOnline di atas, OrderOnline harap kamu akan dapat dengan mudah menentukan niche demi keberlangsungan bisnis kamu ke depannya.

Buat kamu, tetap semangat berjuang dan semoga berhasil.

Semoga artikel dari OrderOnline kali ini akan membawa manfaat yang besar untuk kamu. Baca juga tips-tips menarik tentang bisnis lainnya dengan klik di sini.

Mungkin sekian dulu dari OrderOnline untuk artikel kali ini. See you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 14, 2023

Diperbarui