Landing Page: tutorial, fungsi dan definisi

Penulis

Gema Pradana

Diterbitkan

June 5, 2023

Diperbarui

June 13, 2023
Daftar isi

Landing Page, di zaman yang serba digital ini, kira-kira siapa sih yang belum pernah belanja online? Kiranya mungkin hampir tidak ada. Kata-kata seperti 11.11, promo tokopedia, atau jargon-jargon belanja online lainnya mungkin sudah sangat sering kamu dengar sehari-hari. Bahkan ketika kamu sedang khusyuk beribadah, kadang kamu temui notifikasi aplikasi belanja online dari gadget milik jamaah sebelah kamu.

Hal ini tentu menjadi salah satu indikasi betapa suksesnya portal belanja online tersebut dalam menggaet calon pelanggan mereka. Dari banyak aspek yang menyumbang dalam kesuksesan portal belanja online tersebut, tentunya Landing Page menjadi salah satu penyumbang terbesar. Bagi pegiat digital marketing atau yang sudah lama berkecimpung di dunia jualan online, tentu Landing Page sudah sangat tidak asing di telinga kamu ya.

Oh, kamu masih baru merintis toko online kamu atau mungkin masih belum paham betul apa itu Landing Page? Tenang, OrderOnline bantu jelaskan terlebih dahulu ya. Tentunya, OrderOnline juga akan jelaskan tentang cara membuat Landing Page serta contoh dari Landing Page tersebut nantinya.

Yuk, mari kita belajar sama-sama tentang cara membuat Landing Page.

Apa sih Landing Page Itu?

Jika diibaratkan, portal belanja online atau sebentar, mari kita asumsikan saja website toko online yang kamu miliki sendiri adalah rumah besar yang memiliki banyak ruangan didalamnya. Ruangan-ruangan tersebut tentu memiliki fungsi atau peruntukan yang berbeda-beda bukan? Salah satu ruangan dengan fungsi khusus itu adalah Landing Page.

Landing Page sendiri memiliki tujuan agar pelanggan yang mengunjungi website toko online kamu dan melakukan hal-hal tertentu seperti misalnya membeli produk, mengisi formulir tertentu, atau bisa juga membaca detail layanan yang berusaha kamu jual.

Lalu, Apa Fungsinya Landing Page?

“Repot ah saya males buat LP kan paling sama aja seperti homepage.Wah, tunggu, sabar sebentar dulu ya. Fungsi Landing Page ini lumayan punya manfaat besar untuk bisnis online kamu loh.

Tergantung dari seperti apa LP yang kamu buat, Landing Page memiliki beberapa fungsi berikut yaitu :

Pertama, bisa jadi alat yang kamu gunakan untuk mengumpulkan data pengunjung potensial atau leads. Leads ini termasuk data berharga yang dapat kamu jadikan salah satu acuan atas suksesnya online marketing kamu dan diharapkan tentu nanti calon pelanggan tersebut dapat melakukan pembelian tentunya.

Kedua, dengan sifat tampilan Landing Page yang ringkas dan biasanya hanya mencantumkan informasi produk tertentu dipasangkan dengan minimnya distraksi tombol-tombol lain, hal ini menjadi beberapa elemen ampuh yang dapat membantu untuk mempercepat masuknya transaksi. Singkatnya, Landing Page memberikan akses lebih cepat atas produk atau layanan tertentu yang berusaha kamu jual kepada pelanggan.

Kemudian, Apa Manfaat Dari Landing Page?

Setelah membaca sejauh ini, tentu kamu segera ingin tahu tentang potensi manfaat atau keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari membuat Landing Page bukan? Ternyata ada banyak sekali manfaatnya. Berikut manfaat yang bisa kamu dapat :

Tempat Promosi Khusus

Saat berjualan tentu kamu akan sering memikirkan tentang pesaing. Contohnya, coba bayangkan di pasar tradisional dimana pedagang dengan komoditas yang sama saling sahut-menyahut membanting harga agar pelanggan datang berbelanja.

Landing Page dapat kamu gunakan sebagai salah satu sarana promosi tersebut tanpa perlu memikirkan pesaing. Dengan bentuk Landing Page yang ringkas, kamu dapat mempromosikan produk dengan font yang besar disertai tampilan yang menarik sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat ditangkap dengan baik oleh pengunjung website toko online kamu.

Tanpa adanya distraksi/gangguan dari pesaing karena Landing Page tersebut tentu dipenuhi oleh produk kamu sendiri, tentu promosi akan jauh lebih efektif bukan?

Mengumpulkan Data Pelanggan

Dari Landing Page, kamu juga dapat meminta pengunjung untuk mencantumkan nama serta alamat email agar pengunjung dapat mendapatkan berbagai macam info penawaran menarik yang tersedia di website toko online kamu.

Dalam kondisi tertentu, tergantung dengan jenis produk atau layanan yang berusaha kamu jual, kamu juga dapat sewaktu-waktu meminta pengunjung website toko online kamu untuk mengisi data terkait usia serta jenis kelamin mereka.

Data yang dapat terkumpul dari Landing Page seperti ini pun akan sangat bermanfaat bagi perusahaan kamu untuk nantinya dianalisis lebih lanjut agar dapat menjadi acuan untuk menentukan langkah selanjutnya yang dapat kamu ambil untuk memajukan bisnis perusahaan.

Namun perlu diingat, minta informasi pribadi pengunjung yang benar-benar diperlukan saja agar tidak meninggalkan kesan negatif di benak pengunjung. Hal-hal yang bersifat lebih pribadi seperti makanan favorit, warna kesukaan, dan zodiak tentu tidak perlu kamu tanyakan ya.

Meningkatkan Penjualan

Menurut hasil penelitian Omniture yang merupakan salah satu Web Analytics Company yang berbasis di Amerika Serikat, Landing Page sendiri dapat meningkatkan tingkat konversi penjualan hingga 25%.

Hal ini sangat memungkinkan karena Landing Page sendiri dirasa lebih straightforward dan sekaligus sangat menyederhanakan proses transaksi jual beli itu sendiri. Transaksi pun dapat dilakukan dengan sangat mudah dan lebih nyaman sehingga tentunya sangat disukai oleh pelanggan.

Pelanggan akhirnya dapat membeli produk atau layanan yang berusaha kamu jual dengan lebih cepat dan efisien.

Menciptakan Kredibilitas Serta Memupuk Brand Awareness

Dengan menampilkan informasi berkaitan tentang produk atau layanan yang kamu jual, berikut nama serta logo usaha/perusahaan kamu, dan tak lupa menampilkan testimoni tertulis dalam Landing Page, kamu dapat meningkatkan kredibilitas serta brand awareness perusahaan di mata pelanggan.

Setelah melihat berbagai macam produk serta layanan yang kamu sediakan berikut testimoni dari pelanggan yang terdahulu, tentu pengunjung serta calon pelanggan akan lebih percaya untuk membeli produk ataupun layanan yang kamu jual.

Trust atau kepercayaan tentunya adalah salah satu hal yang sangat penting dalam bisnis dan dengan testimoni yang kamu tampilkan dalam Landing Page, pelanggan tentunya akan semakin tertarik untuk membeli produk maupun layanan yang berusaha kamu jual.

Tips Membuat Landing Page yang Menarik

Setelah kamu memahami apa itu Landing Page, fungsi, serta manfaatnya kamu pun bisa mulai membuat Landing Page. Namun, agar kamu dapat membuatnya dengan lebih mudah, sebelumnya OrderOnline akan berikan beberapa tips untuk membuat Landing Page agar usaha kamu kebanjiran order produk atau layanan yang masuk. Yuk, disimak tips nya dulu sama-sama.

Tampilkan Headline yang Menarik

Contoh Headline yang menarik di home page netflix

Headline adalah kalimat paling pertama yang akan ditangkap oleh penglihatan pengunjung website toko online kamu. Karena ada istilah first impression matters alias kesan pertama itu sangat penting, jadi perlu banget buat kamu untuk membuat headline Landing Page ini semenarik mungkin.

Untuk membuat kalimat headline yang menarik, kamu bisa coba untuk menonjolkan manfaat produk atau layanan kamu seperti dengan kalimat “Rasa Tiada Dua”. Kamu juga bisa coba untuk menarik perhatian serta rasa penasaran pembaca dengan menyertakan kata “Cuma Hari Ini!”. Kamu juga bisa coba dengan memberikan kalimat perintah disertai dengan elemen urgensi seperti misalnya “Beli Sekarang! Penawaran Terbatas…” yang bisa juga kamu sertakan dengan countdown jam yang menampilkan waktu diskon penjualan yang terbatas.

Penulisan headline seperti ini akan ampuh untuk memberikan kesan yang berdampak kepada pengunjung Landing Page kamu. Tentu kamu juga boleh berkreasi dengan kalimat headline apapun sesuai selera kamu sambil tentunya memperhatikan brand image perusahaan kamu ya.

Sertakan Manfaat Serta Fitur Produk dengan Jelas

Untuk menjual produk atau layanan yang kamu inginkan, kamu tidak boleh hanya menjelaskan tentang fitur produk saja. Pelanggan tentu berbelanja untuk mengatasi “masalah” yang mereka rasakan jadi tentunya salah satu hal penting yang perlu kamu fokuskan adalah tentang bagaimana produk kamu dapat menawarkan “solusi” atas permasalahan yang pelanggan alami.

Singkatnya, jelaskan manfaat dari produk serta layanan yang kamu tawarkan, tak hanya fiturnya saja. Hal ini tentu tidak hanya dapat diterapkan di bagian header, tapi juga bisa kamu tuliskan di bagian lain dalam Landing Page kamu ya.

Tunjang Penjelasan dengan Gambar

Kamu mungkin pernah mendengar istilah picture speaks louder than words. Kalau kamu mencari tutorial atau panduan semisal tentang bagaimana “Cara Membuat Nasi Uduk dengan Rice Cooker” tentunya kamu lebih memilih panduan yang juga menyediakan penjelasan dengan gambar ataupun video bukan?

Informasi yang dapat tersampaikan kepada pelanggan pun akan lebih maksimal apabila disertai dengan beberapa ilustrasi gambar. Membaca serta melihat instruksi teks yang disertai dengan gambar tentunya akan lebih menarik dibandingkan hanya membaca sebatas teks saja.

Cantumkan Testimoni

Saat berbelanja online, pelanggan tentu akan lebih memilih penjual atau penyedia yang lebih terpercaya. Walaupun produk ataupun layanan yang kamu jual mungkin kualitas serta harga cukup bersaing atau bahkan lebih bagus ketimbang dengan apa yang dijual oleh pesaing kamu, kemungkinan besar pelanggan akan lebih memilih produk yang dijual oleh pesaing apabila kamu tidak menyertakan testimoni di Landing Page yang kamu buat.

Berbekal penulisan serta pendeskripsian produk serta layanan dengan tulisan alias copywriting yang baik, mungkin saja produk kamu bisa lebih dipilih ketimbang milik pesaing kamu. Namun, untuk lebih menampilkan kredibilitas perusahaan kamu secara nyata, kamu bisa juga menambahkan testimoni yang ditulis oleh pelanggan kamu sebelumnya tentang ulasan positif mereka atas produk kamu.

Dengan cara ini, kamu dapat membuktikan kepada konsumen bahwa kualitas produk kamu itu lebih baik dan juga disukai oleh pelanggan kamu loh.

Buat CTA yang Optimal

CTA atau Call to Action adalah media yang berfungsi untuk merubah target yang telah kamu terima menjadi hasil konversi. Simpelnya, CTA itu sendiri dapat berupa tombol yang kemudian dapat menuntun pelanggan untuk melakukan pembelian, atau bisa juga CTA dapat berupa sebuah formulir dalam perantaranya untuk pelanggan menanyakan perihal informasi tentang layanan yang kamu jual.

Seperti yang kamu lihat dari contoh dari salah satu penyedia layanan streaming musik online di atas, Landing Page tersebut memiliki dua tombol CTA yang bertuliskan “Mulai” dan “Lihat Paket”. Kamu nantinya bisa coba untuk membuat CTA yang menarik dan gampang dilihat oleh pelanggan kamu seperti contoh di atas.

Contoh Landing Page yang Menarik

Setelah membaca tips dalam membuat Landing Page di atas, agar lebih mempermudah kamu dalam mencari inspirasi, OrderOnline akan bantu perlihatkan beberapa contoh Landing Page yang menarik dari beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang yang berbeda. Langsung saja ya dilihat contoh-contohnya, siapa tau kamu bisa dapat inspirasi yang cocok.

Udemy

Sebagai salah satu bisnis yang menawarkan produk berupa kursus belajar online, dapat kamu lihat bahwa Udemy memiliki Landing Page yang cukup menarik dengan menampilkan pop-up berupa promo dengan disertai countdown waktu tersisa yang memberikan kesan urgensi bagi pengunjung website mereka. Walaupun terlihat sederhana tanpa CTA yang menonjol, promo yang dimunculkan oleh pop-up akan memancing pengunjung website untuk mencari tahu lebih jauh tentang info produk milik Udemy.

Bobobox

Bobobox yang merupakan salah satu perintis bisnis penyewaan kamar berbentuk kapsul ini juga memiliki Landing Page menarik yang bisa kamu jadikan contoh. Dengan headline “Make Yourself at Home Wherever You Go” cukup menyampaikan pesan marketing yang bermakna baik. Kesan ringkas pun cukup terlihat dengan baiknya mereka menyelipkan formulir pemesanan yang langsung terlihat dalam satu layar.

Apple

Dengan tampilan yang tampak sleek & simple dari Landing Page milik Apple ini, pengunjung akan merasakan image dari brand Apple yang merupakan produsen gadget digital kelas premium. Tombol CTA pun terlihat jelas dan cukup mempermudah pengunjung apabila ingin melakukan pembelian.

FreeCodeCamp

FreeCodeCamp yang merupakan salah satu portal belajar coding gratis ini pun memiliki Landing Page yang terbilang sangat ringkas. Mengusung misi untuk menyediakan materi pembelajaran coding secara gratis, Landing Page FreeCodeCamp ini terasa sangat ringkas namun tetap berdampak dengan mencantumkan jumlah lulusan mereka yang telah diterima di berbagai macam perusahaan. Kamu pun bisa melihat kontras tombol CTA yang terlihat jelas sehingga sangat membantu memudahkan pengunjung Landing Page mereka.

Bali Tourism Board

Untuk contoh terakhir, OrderOnline memilih Landing Page milik Bali Tourism Board sebagai penutup. Landing Page ini terlihat sangat fresh dan dengan gampang menampilkan indahnya pemandangan situs pariwisata di Bali. Tombol CTA pun tetap terlihat jelas namun dengan pemilihan warna yang baik karena tetap terasa mudah untuk ditemukan, namun tanpa merusak latar pemandangan yang menjadi senjata utama Landing Page ini untuk memberikan kesan mendalam terhadap pengunjungnya.

Cara Membuat Landing Page Agar Banjir Orderan

Setelah kita membaca tips serta contoh untuk membuat Landing Page di atas, yuk langsung kita coba untuk membuat Landing Page agar bisnis online kamu semakin maju. Untuk lagkah-langkah yang perlu kamu ikuti, langsung saja ya OrderOnline bahas dari awal.

Tetapkan Tujuan Pembuatan Landing Page

Landing Page ada bermacam-macam dan sebelum kamu mulai membuatnya, kamu harus tetapkan dahulu tujuan utama membuat Landing Page ini :

  • Lead-generation: Berfungsi untuk mengumpulkan data para pelanggan
  • Click-through Page: Berfungsi untuk menampilkan penawaran disertai dengan CTA yang terhubung dengan halaman penjualan
  • Lead Capture: Berfungsi untuk menstimulasi pengunjung untuk mengisi data pribadi, jenis Landing Page ini biasa disertai dengan promo atau diskon untuk lebih mendorong pengisian form
  • Advertorial: Berfungsi sebagai wadah untuk menampung halaman iklan namun dalam gaya tulisan jurnalistik objektif yang dapat memberikan rasa kepercayaan lebih untuk mendorong penjualan
  • Product Detail: Berfungsi untuk melampirkan deskripsi produk dengan jelas baik itu dari segi jenis, harga, spesifikasi, serta informasi terkait lainnya

Setelah kamu menemukan tujuan pembuatan Landing Page, kita bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Tentukan Target Audiens

Membuat Landing Page, kamu pun tentunya juga harus memperhatikan aspek produk serta layanan yang akan kamu jual itu sendiri. Apakah produk tersebut diperuntukkan untuk anak-anak, remaja, ataukah orang dewasa?

Secara khusus, pemilihan target audiens ini nantinya akan berpengaruh berkenaan tentang keputusan kamu dalam membuat Landing Page baik itu dari segi desain, pemilihan warna serta font, pemakaian kalimat untuk headline beserta isi dan tata letaknya. Harus kamu perhatikan baik-baik ya, agar nanti Landing Page yang kamu buat semakin berdampak efektif kepada pengunjung Landing Page kamu nantinya.

Cari Inspirasi Desain

Setelah kamu memilih target audiens, kamu bisa mulai dengan melakukan sedikit research kiranya desain atau model seperti apa nantinya Landing Page yang ingin kamu buat.

Kamu bisa memulainya dengan browsing model Landing Page perusahaan ataupun usaha lain yang cakupan bisnisnya masih satu bidang dengan perusahaan kamu. Semisal kamu bergerak di bidang F&B, mungkin kamu bisa coba melirik Landing Page perusahaan lain yang juga bergerak di bidang F&B.

Tentu, kamu juga hanya menjadikan Landing Page tersebut sebagai contoh, karena Landing Page yang kamu buat nantinya tentu harus menampung produk serta identitas unik dari brand usaha kamu itu sendiri ya.

Buat Konten dan Copy

Setelah memiliki desain yang kamu inginkan dalam bayangan, kamu bisa mulai terlebih dahulu dengan membuat konten dari Landing Page yang kamu inginkan. Kamu bisa mulai menuliskannya terlebih dahulu di secarik kertas, ataupun bisa juga kamu gambarkan dalam note di handphone atau komputer kamu.

Kamu juga harus pastikan agar copy atau tulisan dalam konten kamu lebih menarik dan persuasif dengan teknik copywriting. Namun, kamu juga harus tetap memperhatikan keseimbangan elemen dalam Landing Page kamu nantinya, supaya porsi gambar dan tulisan terlihat seimbang agar tetap nyaman dilihat oleh pengunjung website toko online kamu.

Memilih Page Builder

Setelah kamu selesai memikirkan dan membuat konten berikut copy yang kamu inginkan, selanjutnya OrderOnline akan mulai jelaskan tentang cara membuat Landing Page sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kamu mungkin mulai merasa khawatir karena membuat Landing Page dari awal memerlukan beberapa keahlian khusus pada umumnya mulai dari coding dengan HTML dan belum lagi CSS serta menciptakan UI yang kiranya akan cocok untuk image brand perusahaan kamu.

Namun, disini kamu tidak perlu khawatir karena OrderOnline memiliki salah satu fitur yang akan membantu kamu yaitu Funnel Builder pada aplikasi berjualan online kami. Yuk, langsung dimulai saja ya disini akan OrderOnline jelaskan bagaimana cara membuat Landing Page sesuai keinginan kamu dengan fitur Funnel Builder.

Buka Fitur Funnel Builder

Pertama-tama, kamu harus membuka aplikasi OrderOnline dengan tautan app.orderonline.id. Setelah sudah terbuka aplikasinya, tampilan awal akan terlihat seperti ini :

Selanjutnya, kamu klik menu “Channels” di bagian atas homepage, kemudian klik tombol “Funnels”

Membuat Funnel Baru

Setelah tiba di dashboard fitur Funnel Builder, kamu bisa mulai untuk membuat Funnel Baru terlebih dahulu dengan mengklik tombol +Add Funnel. Setelah mengklik tombol, akan muncul window Create Funnel yang berisikan Name dan Description.

Untuk mengisinya, kamu hanya tinggal isi sesuai keperluan kamu dan kemudian kamu tinggal mengklik tombol Create pada sisi kanan bawah window Create Funnel tersebut. Pada window ini, OrderOnline akan mencontohkan pembuatan Landing Page untuk Satoru Frozen Food.

Membuat Landing Page

Setelah masuk ke dalam Funnel, kamu bisa memulai membuat Landing Page baru dengan mengklik tombol +Add New Page > Create.

Setelah mengklik tombol Create, kamu akan masuk ke dashboard baru. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengklik tombol Go To Builder dan kamu pun bisa mulai membuat Landing Page sesuai rencana Konten dan Copy Landing Page yang sudah kamu buat sebelumnya.

  • Memilih Desain LP

Setelah masuk ke dalam fitur Builder, kamu dapat memilih untuk membuat serta memasukkan elemen yang kamu inginkan dari awal. Namun, dalam fitur Builder ini, OrderOnline juga telah menyediakan beberapa template menarik untuk membantu memudahkan kamu membuat Landing Page.

  • Merubah Isi Template LP

Setelah memilih template, kamu dapat mulai merubah isinya agar sesuai dengan strategi konten yang telah kamu buat sebelumnya. Dalam template builder ini, kamu juga dapat memasukkan ide kreatif kamu dengan memanfaatkan fitur yang tersedia pada sebelah kiri dashboard, ataupun merombak elemen dengan menambahkan elemen baru atau drag and drop elemen agar layout terwujud sesuai keinginan kamu.

  • Publish LP

Setelah kamu selesai membuat Landing Page yang kamu inginkan, maka selanjutnya kamu dapat mempublish Landing Page yang sudah kamu buat. Setelah mengklik tombol Save berwarna hijau pada bagian kiri bawah Builder, kamu dapat kembali ke dashboard Funnel dan mengklik tombol Publish tepat di bagian paling bawah kolom tombol Go To Builder.

Pastikan juga untuk mengecek tampilan asli Landing Page kamu dengan mengklik tombol Visit Page sebelum kamu mempublish Landing Page yang telah kamu buat.

Pastinya Sudah Bisa Membuat Landing Page Kamu Sendiri kan?

Setelah OrderOnline jelaskan tentang cara membuat Landing Page dengan lengkap mulai dari awal hingga akhir, tentunya kamu sudah paham ya garis besarnya bagaimana caranya membuat Landing Page yang baik dan benar.

Dengan salah satu fitur dari aplikasi OrderOnline yaitu Funnel Builder, kamu bisa dengan sangat mudah membuat Landing Page milik kamu sendiri. Dalam dashboard fitur Funnel Builder itu sendiri, kamu juga dapat memantau secara real-time traffic dari Landing Page sekaligus website toko online kamu. Baik itu dari jumlah klik, waktu traffic, intensitas kunjungan, bahkan dari jenis gadget dan browser yang mengakses Landing Page kamu juga akan terdata.

OrderOnline tidak hanya memiliki fitur Funnel Builder loh, kami juga memiliki banyak fitur pendukung dalam aplikasi kami karena kami juga dapat mengakomodir berbagai keperluan bisnis kamu mulai dari menampilkan produk, menerima pemesanan, mengelola pesanan, bahkan sampai ke pengiriman pesanan juga.

Yuk berkunjung ke website OrderOnline, karena dengan bantuan kami, kamu pun tidak perlu pusing-pusing melacak arus barang kamu karena semuanya tercatat secara real-time.

Tertarik? Yuk coba aja klik di sini.

Penulis

Gema Pradana

Diterbitkan

June 5, 2023

Diperbarui

June 13, 2023