, ,

Facebook Ads: Perkenalan Berikut Manfaat yang Bisa Kamu Dapat

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

November 18, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Mungkin kamu sering mendengar tentang Facebook Ads di kalangan sesama pebisnis online. Mulai dari sales, hingga traffic toko yang meningkat berkatnya. Namun, beberapa dari kamu mungkin masih sering bingung sebenarnya Facebook Ads itu apa sih?

Baca juga: Social Media: Tips Menampilkan Produk di Instagram

Sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih dalam, mungkin OrderOnline jelaskan secara singkat dulu ya apa itu sebenarnya Facebook Ads.

Pengertian Facebook Ads

Pengertian Facebook Ads

Facebook Ads atau yang juga beberapa orang sebut Meta Ads sebenarnya tidak hanya bekerja di dalam media sosial Facebook saja, namun juga media sosial lain yang bernaung di bawah manajemen Meta seperti Instagram, WhatsApp, Messenger, dan lainnya.

Perusahaan Meta Platforms Inc memang awalnya bernama Facebook Inc. Jadi, OrderOnline rasa memang wajar kalau kamu masih sering salah kaprah.

Kemudian, kita lanjut lagi ke Facebook Ads. Mungkin bisa kita ambil contoh beberapa iklan yang kerap muncul ketika kamu sedang scrolling feeds, reels, ataupun swipe stories. Iklan-iklan inilah yang sebelumnya para pelaku bisnis telah set-up melalui Facebook Ads.

Simpelnya, mirip seperti media iklan di area ramai penduduk, hanya saja iklan ini muncul di media sosial kamu dan banyak orang lainnya.

Untuk area penempatan iklannya pun terbilang beragam. Kamu dapat menyematkannya ke dalam fitur feeds, reels, ataupun stories. Sementara, untuk materi yang dapat ditayangkan bisa berupa foto, video, gambar bergerak (GIF), ataupun postingan berbentuk carousel.

Tentu, sebelum beriklan menggunakan Facebook Ads kamu harus sudah memiliki akun Facebook dan membuat Facebook Ads Manager terlebih dahulu.

Manfaat Facebook Ads

Manfaat Facebook Ads

Menurut data dari Statista.com, terdapat sekitar 119,9 juta pengguna aktif Facebook di Indonesia per tahun 2023. Bisa kita anggap, hampir setengah penduduk Indonesia aktif menggunakan Facebook di tahun ini.

Dengan densitas pengguna yang sangat banyak, Facebook menjadi tempat yang sangatlah potensial bagi para pebisnis untuk menayangkan iklan. Jangkauan iklan kamu nantinya pun tentu akan sangat luas.

Selain dari jumlah pengguna aktif yang sangat besar, tentu masih banyak lagi manfaat dari Facebook Ads di antaranya adalah:

1. Target pengguna sesuai demografi

Dengan sejumlah besar pengguna aktif Facebook, iklan kamu akan memiliki potensi untuk menjangkau ke lebih banyak orang ketimbang beriklan dengan media konvensional.

Tentu, hal ini juga didukung oleh fitur dari Facebook Ads sendiri yang menyediakan target pengguna mulai dari usia 13 hingga 65 tahun ke atas.

Selain usia, kamu juga akan bisa menargetkan iklan kamu berdasarkan lokasi, minat ataupun interest, status pernikahan, dan masih banyak lagi.

Perlu diingat juga, dengan memanfaatkan fitur ini, kamu harus menarget demografi yang lebih spesifik agar tingkat konversi iklan kamu nantinya juga akan tinggi.

2. Fitur Remarketing

Fitur remarketing sendiri adalah fitur yang menarget audiens yang sudah pernah terekspos dengan campaign iklan ataupun bisnis kamu. Hal ini berlaku bagi mereka yang entah itu sudah pernah mengunjungi website bisnis kamu, berinteraksi dengan media sosial, atau bahkan menambah produk kamu ke dalam keranjang namun belum jadi membeli.

Hal ini tentunya berguna agar calon customer dapat merasa lebih yakin yang nantinya akan ikut meningkatkan tingkat konversi.

3. Efektif untuk Beragam Tujuan Marketing

Dalam marketing, terdapat istilah funneling yang merupakan gambaran dari alur perjalanan pelanggan mulai dari awal hingga terjadinya purchasing. Hal ini juga bisa disebut sebagai customer journey.

Dari Facebook Ads ini, kamu nantinya bisa memilih berbagai tujuan marketing yang ingin kamu capai. Entah itu dari jumlah klik, pengunjung, penjualan, dan masih banyak aspek lain yang bisa kamu targetkan.

4. Memahami Audiens, Kemudian Monitor dan Improve Performa Iklan

Memahami Audiens

Melalui dashboard Ads Manager, kamu nantinya dapat memonitor performa dari iklan yang sedang kamu tayangkan secara real-time. Hal ini tentunya akan sangat membantu karena jika performa dirasa kurang, kamu bisa langsung improve dan melakukan penyesuaian.

Sebagai contoh, kamu akan bisa mengetahui nih, kira-kira setelah audiens melihat iklan kamu, apakah mereka akan langsung tertarik. Tentu, dari demografi audiens yang kamu pilih juga akan terlihat kiranya mereka lebih suka jenis iklan yang sepeti apa.

Kamu juga nantinya akan dapat mengetahui dari hasil campaign iklan, kira-kira kelompok mana dengan rate konversi yang lebih tinggi sekaligus perilaku mereka selama melihat iklan yang telah kamu tayangkan.

5. Instant Feedback dan Jangkauan Langsung

Beda halnya dengan iklan offline seperti billboard ataupun banner, kamu juga akan bisa langsung melihat respon instan dari audiens yang telah melihat iklan kamu.

Respon audiens ini pun nantinya juga akan sangat beragam mulai dari like, dislike, hingga komentar yang telah mereka berikan.

Beragam feedback dari audiens yang masuk ini nantinya bisa kamu lihat melalui akun Facebook Page kamu.

Dari beragam feedback ini, kamu bisa langsung menjalin komunikasi dengan calon customer untuk mulai melakukan fase lanjutan dari campaign marketing kamu. Baik itu menjadi leads, ajakan untuk subscribe newsletter, sampai ke pembelian produk.

Instant feedback ini juga nantinya akan berguna untuk mengevaluasi performa dari iklan yang telah kamu tayangkan.

6. Meningkatkan Brand dan Social Proof

Secara drastis, beriklan dengan Facebook Ads akan membantu dalam meningkatkan brand awareness dari bisnis ataupun usaha kamu.

Hal ini tentunya karena setiap kamu beriklan dengan Facebook Ads, audiens yang dapat kamu jangkau tentunya juga akan sangat banyak. Entah itu mereka hanya sekadar lewat, atau sampai berinteraksi dengan iklan yang telah kamu tayangkan.

Komentar ataupun testimoni yang telah tersemat di dalam postingan iklan kamu dari para audiens lain juga akan sangat membantu dalam meningkatkan social proof ataupun trustability dari bisnis kamu.

7. Memiliki Fitur Kontrol Biaya dan Terjangkau

Untuk pengaturan biaya dari Facebook Ads sendiri, kamu sebagai pengguna akan bisa mengatur sebesar apa biaya yang bersedia kamu keluarkan.

Bahkan pilihan biaya terendah yang bisa kamu pilih mulai dari Rp 10.000,- per hari. Tentu, target audiens yang akan kamu capai nantinya juga akan sesuai dengan budget yang telah kamu keluarkan.

Semakin besar biayanya, maka target audiens yang bisa dicapai pun juga akan semakin luas.

8. Tersedia Fitur Tracking dengan Facebook Pixel

Facebook Ads juga menyediakan tools Facebook Pixel yang nantinya dapat kamu sematkan pada website bisnis untuk melacak audiens mulai dari waktu mereka menjumpai iklan sampai ke aktivitas yang mereka lakukan di dalam website.

Tujuan dari fitur ini tentunya untuk membantu kamu menganalisa perilaku audiens untuk meningkatkan performa iklan ataupun meningkatkan kualitas produk serta layanan yang kamu berikan.

Setelah OrderOnline paparkan di atas mengenai Facebook Ads beserta manfaat apa saja yang bisa kamu dapat, kamu bisa langsung coba pelajari lagi lebih jauh untuk langsung meningkatkan performa marketing dari bisnis kamu.

Dalam meramu iklan dengan Facebook Ads, kamu juga perlu beberapa keahlian tertentu. Coba pelajari ilmunya karena Facebook Ads ini akan sangat membantu bisnis kamu untuk lebih berkembang lagi nantinya.

Ke depannya, OrderOnline juga akan membagikan artikel lain yang membahas lebih jauh lagi tentang Facebook Ads ini. So, stay tune!

Mungkin sekian dulu dari OrderOnline, See you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

November 18, 2023

Diperbarui