,

Hadiri Audiensi dengan MenKopUKM, OrderOnline Dukung Penguatan Produk Dalam Negeri

Penulis

robi wahyu

Diterbitkan

August 14, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Penetrasi platform digital memberikan pengaruh signifikan bagi aspek industri bisnis dan e-commerce indonesia, salah satunya menjamin dalam perlindungan produk lokal dalam negeri. Melalui latarbelakang tersebut, Rovan Alfarry selaku Founder & CEO OrderOnline.id mendapatkan undangan dari MenKopUKM untuk menghadiri acara pertemuan dengan Seller Online pada Senin (14/8).

 

Dalam pertemuan yang berlangsung di Jakarta, agenda dihadiri oleh Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman, Staf Khusus MenKopUKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Fiki Satari, Direktur Bisnis dan Pemasaran LLP-KUKM Wientor Rah Mada, serta Seller Online dan Platform e-commerce.

 

Agenda tersebut membahas tentang kebijakan perdagangan elektronik yang tengah disiapkan Pemerintah. Hal ini menjadi perhatian utama guna melindungi produk lokal dalam negeri dari produk crossborder dari luar negeri yang saat ini mulai muncul ditawarkan pada beberapa platform e-commerce.

 

“Ini (kebijakan perdagangan elektronik) sangat urgent untuk direvisi agar kita bisa melindungi UMKM yang tidak bisa bersaing dengan produk China yang masuk lewat e-commerce crossborder yang masih belum diatur,” jelas MenKopUKM Teten Masduki.

 

Menanggapi acara pertemuan tersebut, Rovan Alfarry selaku Founder & CEO OrderOnline.id yang merupakan startup penyedia platform Software as a Services (SaaS) bagi UMKM dan pelaku bisnis online turut menungkapkan bahwa pentingnya dalam berkolaborasi untuk memberikan alternatif penguatan produk lokal dalam negeri.

 

“Adanya platform digital yang semakin berkembang, platform SaaS seperti OrderOnline.id turut memiliki andil yang besar untuk mendukung penguatan produk lokal, beberapa alternatif lainnya adalah berkolaborasi untuk menciptakan kampanye edukasi kepada konsumen, serta menyediakan opsi pengiriman barang yang mudah dan terjangkau”, pungkas Rovan.

 

Kampanye edukasi menjadi gerbang utama untuk mengajak masyarakat aware pentingnya menggunakan produk lokal dalam negeri. Selain itu, menyediakan opsi pengiriman yang hemat dan mudah menjadi faktor penting karena mayoritas Seller Online yang menggunakan platform untuk berjualan memerlukan layanan pengiriman barang mereka hingga ke konsumen. Kedepannya, dengan adanya inisiasi penguatan produk dalam negeri diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dari aspek kemandirian ekonomi lokal.

 

Sumber Dokumentasi Foto : twitter.com/KemenkopUKM/media

Penulis

robi wahyu

Diterbitkan

August 14, 2023

Diperbarui