,

Marketplace: Tips Mencari Produk

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 7, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Kamu ingin mulai berjualan produk dengan bersumber dari marketplace? Sebelum kamu mulai, OrderOnline kasih tahu dulu nih, tips buat kamu untuk mencari produknya.

Kenapa harus tahu dulu tips nya? Karena, kalau kamu asal ambil produk, akan ada kemungkinan kejadian negatif yang akan kamu alami. Mulai dari masalah teknis hingga ke penipuan.

Guna menghindari hal-hal negatif tersebut, OrderOnline akan berikan tips untuk kamu beberapa cara jitu mencari produk di marketplace.

Baca juga: Dropship: Ide Usaha yang Menguntungkan

Tips Mencari Produk di Marketplace

1. Reputasi Toko

Tips Reputasi Toko Marketplace

Tips pertama dari OrderOnline adalah; kamu harus memastikan bahwa toko penyedia ataupun supplier barang untuk toko kamu hanya menyediakan produk dengan kualitas yang baik. Toko tersebut pun tentunya juga harus memiliki reputasi yang bagus.

Terus, bagaimana caranya kamu mengetahui bahwa supplier tersebut hanya menyediakan barang dengan kualitas baik? Salah satu indikator sederhana yang bisa kamu lihat adalah jumlah penjualan dari potential supplier kamu yang setidaknya memiliki penjualan di atas 3.000 item.

Jika jumlah penjualan sudah terhitung besar, reputasi pun juga akan otomatis ikut terjamin. Dalam beberapa marketplace pun sudah menyediakan informasi jumlah penjualan di tampilan toko online masing-masing. Jadi, kamu pun tentu akan bisa memeriksanya dengan mudah.

2. Harga Produk

Untuk langkah kedua, kamu bisa coba mencari produk di marketplace dengan range harga dari Rp 50.000 sampai ke harga Rp 200.000. Mengapa seperti itu? Hal ini tentu agar kamu dapat mematok margin sejumlah minimal Rp 60.000. Hal ini OrderOnline sarankan kamu lakukan agar harga tertinggi dari penjualan produk kamu masih termasuk acceptable (di bawah Rp 300.000).

3. Berat Produk

Langkah ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah kamu harus memastikan bahwa produk yang akan kamu jual memiliki berat maksimal 1.300 gram. Hal ini akan memudahkan kamu dalam memotong ongkos pengiriman. Jika harga ongkir terlalu tinggi, sebagian konsumen mungkin malah akan urung untuk membeli produk-produk kamu.

Mungkin terdengar seperti aspek yang kurang penting. Namun, jika kamu ambil dari sudut pandang konsumen, kamu juga pasti akan enggan untuk membeli barang di toko yang memiliki ongkir tinggi bukan?

Maka dari itu, cobalah untuk mencari produk potensial di marketplace dengan berat yang normal atau dalam artian lebih mudah dikirim.

4. Rating Produk dan Toko

Tips Rating Produk dan Toko Marketplace

Hampir mirip dengan poin nomor satu, kamu juga perlu memperhatikan penilaian konsumen lain terhadap produk di toko online calon supplier kamu. Jika penilaian produk kurang baik, hal ini tentu menandakan ada hal tidak beres dengan produk yang mereka jual.

Untuk indikatornya, kamu bisa coba cari produk di marketplace yang memiliki penilaian memuaskan setidaknya di atas 70%. Hal ini juga untuk meminimalisir jumlah komplain atas produk kamu kedepannya nanti.

5. Komentar Positif

Melanjutkan dari poin satu dan empat, kamu juga perlu untuk melihat kolom review ataupun komentar dari produk toko online supplier tersebut. Pastikan juga toko yang kamu pilih memiliki sejumlah besar review positif di marketplace yang kamu kunjungi.

Jika kolom review alias komentar telah memiliki rata-rata ulasan yang positif, kamu sudah bisa langsung coba ajak toko tersebut kerjasama untuk menjadi supplier kamu.

Setelah OrderOnline jelaskan cara memilih supplier barang dari marketplace, OrderOnline harap kamu akan memperhatikan kelima hal yang telah dipaparkan di atas. Jika kamu mengabaikan poin-poin di atas, resiko negatif mungkin akan menimpa kamu cepat atau lambat.

Jadi, ketimbang rugi kemudian, tentu lebih baik kamu teliti di awal sembari berhati-hati juga bukan?

Jika kamu masih khawatir untuk cari supplier di marketplace, mungkin kamu juga bisa kenalan dengan saudara dari OrderOnline yakni Ostock. Ostock sendiri merupakan sebuah platform yang berfokus untuk menyediakan barang siap jual dengan partai besar. Ostock ini cocok buat kamu yang memang memiliki ide untuk berjualan online dengan mengandalkan supply produk dari pihak lain.

Kamu tentunya juga ingin tahu lebih lanjut tentang Ostock bukan? Yuk, bisa coba langsung klik di sini.

Mungkin sekian dulu dari OrderOnline untuk artikel kali ini. Hampir lupa, kamu juga jangan lupa mampir ke OrderOnline dengan klik di sini juga ya. See you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 7, 2023

Diperbarui