,

OrderOnline Hadir di Indonesia Digital MeetUp 2023

Penulis

robi wahyu

Diterbitkan

October 10, 2023

Diperbarui

Daftar isi

SMESCO Indonesia kembali menggelar event tahunan Indonesia Digital MeetUp (IDM) pada 5-6 Oktober 2023 di Gedung SMESCO, Jakarta. Dengan misi nyata, inisiasi IDM menjadi wadah mempertemukan industri UMKM atau pelaku bisnis dengan penyedia layanan atau platform digital, sehingga saling bergotong royong mendorong pertumbuhan pada sektor ekonomi nasional.

 

Pada IDM 2023, SMESCO mengusung tagline “datang bawa ide, pulang punya bisnis”. Dengan topik ini, IDM mengajak peserta untuk datang dengan ide-ide bisnis mereka serta pulang dengan harapan menghasilkan bisnis yang memberi impact positif.

 

Dilansir website resmi SMESCO, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki menyebutkan bahwa latarbelakang digelarnya event ini adalah untuk literasi kemudahan bisnis bagi industri UMKM dan pelaku bisnis. Meskipun, data survei menunjukkan rasio anak muda yang ingin berbisnis jumlahnya mencapai 72 persen.

 

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sedang mengunjungi booth exhibitor

 

Selain itu, faktor lain yang melatarbelakangi event IDM 2023 digelar yaitu untuk menghadapi tantangan stagnasi dari UMKM dan pelaku bisnis. Wientor Rah Mada, Direktur Bisnis dan Pemasaran LLP-KUKM SMESCO turut menjelaskan bahwa IDM 2023 menawarkan dua hal untuk meminimalisir stagnasi, yaitu memanfaatkan teknologi dan berkolaborasi.

 

“Ketika UMKM datang di IDM, maka mereka akan berinteraski langsung dengan startup teknologi yang teknologi nya dapat digunakan oleh UMKM untuk scaling-up. Kedua, di IDM mereka akan bertemu dengan para pelaku UMKM yang lain, dan berdiskusi sehingga ekonomi baru juga akan tumbuh dari situ,” jelas Wientor pada Jum’at (6/10).

 

Tantangan UMKM saat ini adalah digitaliasi dari Hulu, maka dari itu UMKM yang fokus pada produksi masih sangat minim, sehingga dari SMESCO dan MenKopUKM akan fokus mendigitalisasi ke teman-teman pelaku UMKM yang memproduksi barang (produsen).

 

Sesi Conference & Exhibition

 

Dalam acara Indonesia Digital MeetUp 2023 ini terdapat dua acara, yakni Exhibition Day dan Conference Day. Pada acara Exhibiton Day, merupakan sesi showcase para penyedia ekosistem digital atau perusahaan untuk mengenalkan produk dan layanan mereka sebagai solusi memberikan kemudahan berwirausaha di era digital.

 

Pada sesi Exhibition, terbagi dengan beberapa zona mulai dari SaaS/Enabler, Legalitas dan Perizinan, Produksi, Pengembangan produk, Logistik, Marketing dan Pembiayaan (funding).

 

Sedangkan acara Conference Day, merupakan sesi pemaparan materi atau talkshow bersama praktisi/UMKM yang telah berhasil mengimplementasikan strategi pemasaran digital mereka, mulai dari Marketing, Pemasaran Digital, Copywriting, Tiktok, Digital UMKM, Model Bisnis Reseller atau Dropshipper serta topik menarik lainnya.

 

Kehadiran OrderOnline di IDM 2023

 

Sebagai platform Software as a Services (SaaS), kehadiran OrderOnline di IDM 2023 tentu sejalan dengan misi untuk mendukung digitalisasi UMKM dan Pelaku Bisnis di Indonesia. Bahkan dengan eksistensi OrderOnline di Exhibition Day, diharapkan menambah edukasi bagi para UMKM, pelaku bisnis, hingga pemula dibidang usaha untuk mengenal platform beserta layanan terintegrasi dari OrderOnline yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengembangkan bisnis mereka.

 

Baca juga: Peluang Bisnis Offline di Pedesaan

 

Tim OrderOnline sedang menyambut dan menjelaskan produk kepada pengunjung booth.

 

Ahmad Surya Fahruri, Head of Marketing OrderOnline menyampaikan bahwa di IDM 2023, UMKM dan pelaku bisnis dapat mengenal secara langsung mengenal produk/platform OrderOnline.

 

“Saat ini OrderOnline juga mendukung misi pemerintah dalam memfasilitasi industri UMKM dan Pelaku Bisnis (khususnya bisnis online) semakin berkembang, dengan hadirnya OrderOnline di IDM 2023 ini, kami harap pelaku UMKM dan bisnis online semakin mengenal platform OrderOnline, sehingga dapat mengetahui secara mendalam tentang pemanfaatan platform OrderOnline mulai dari Landing Page, hingga fasilitas pengiriman di OrderOnline yang memudahkan proses bisnis mereka,” tutur Surya.

 

Acara IDM 2023 kali ini diselenggarakan selama dua hari dengan mengundang beberapa praktisi dibidang UMKM dan Pelaku Bisnis, serta puluhan exhibitor yang turut meramaikan showcase.

Penulis

robi wahyu

Diterbitkan

October 10, 2023

Diperbarui