, ,

Produk: Jualan dengan Produk Langsung dari Produsen

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 27, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Kamu ingin mulai berjualan dengan produk langsung dari produsen? Selain harga yang lebih murah, kamu juga akan dapat memeriksa kualitas produk secara langsung. Hal ini tentu akan membawa keuntungan yang lebih besar karena kamu mengambil stok langsung dari pihak pertama. Selain untung, kualitas barang pun dapat kamu kendalikan dengan lebih baik.

Namun sebelum kamu memulainya, kamu harus memperhatikan berbagai macam aspek dengan baik. Tidak jarang, para pelaku bisnis terkena dampak negatif karena tidak mengetahui benar seluk-beluk dari sang produsen.

Baca juga: Produk Milikmu Ingin Ditampilkan di Mana?

Terus, bagaimana sih supaya kamu aman dalam berbisnis barang dari tangan pertama? Bagaimana juga cara mengetahui bahwa barang yang kamu dapat adalah produk yang benar tidak mengecewakan? Kemudian, apakah produk tersebut akan membawa keuntungan yang besar untuk bisnis kamu?

Daripada berlama-lama, OrderOnline akan langsung bantu jawab kekhawatiran kamu dengan beberapa tips di bawah ini.

Pastikan Bahwa Produk Benar dari Pihak Pertama

Langkah pertama yang kamu perlu lakukan cukup straightforward. Kamu harus pastikan dulu bahwa produsen yang ingin kamu ajak kerjasama adalah benar pihak pertama. Kenapa hal ini perlu kamu lakukan? Tentu agar stok ketersediaan produk nantinya dapat terkendali dengan baik. Pengambilan barang langsung dari pihak pertama juga akan memberikan kamu margin yang lebih besar.

Hal ini harus benar-benar kamu perhatikan karena kerap kali, beberapa pelaku bisnis ternyata tidak jeli dan malah melakukan bisnis dengan pihak ke-sekian. Dengan bertambahnya pihak lain dalam rantai distribusi, margin yang akan kamu dapatkan tentu jelas akan menurun dengan drastis.

Track Record

Track Record Produsen

Langkah kedua adalah menggali track record dari produsen yang akan kamu ajak kerjasama. Caranya bagaimana? Kamu bisa coba menggalinya dari media sosial, forum, komunitas, dan lain sebagainya. Pastikan bahwa produsen tidak pernah memiliki masalah dengan para reseller.

Jika produsen memiliki rekam jejak yang kurang meyakinkan dalam hal penaganan produk, lebih baik kamu langsung cari produsen lain. Hal ini tentu agar kamu terhindar dari masalah yang mungkin akan terjadi di masa depan.

Terms and Conditions dari Pihak Produsen

Poin keempat yang perlu kamu lakukan adalah kamu harus mempelajari aturan serta kebijakan dari sang produsen. Beberapa poin pentingnya seperti peraturan dan kebijakan terkait garansi, refund, serta return produk.

Hal ini perlu kamu pelajari baik-baik agar terpenuhi kepentingan dan juga kenyaman dari pihak kamu dan juga produsen itu sendiri. Selain pemenuhan hak dan kewajiban, pemahaman kamu atas aturan dan kebijakan ini dapat berguna untuk kamu ke depannya apabila muncul permasalahan yang tidak diinginkan.

Sampel Produk

Sampel Produk Produsen

Langkah terakhir yang bisa coba kamu lakukan adalah meminta sampel produk. Hal ini agar nantinya kamu lebih mengetahui tentang kualitas produk yang akan kamu jual kelak. Dari sampel produk ini juga akan membantu kamu dalam membuat beberapa keputusan penting selanjutnya.

Jika produk memiliki kualitas tinggi dengan harga yang murah, kamu dapat coba menaikkan margin atas dasar ini. Kemudian, variasi ide serta langkah selanjutnya pun akan terbayang dalam benak kamu setelah melihat sampel produk yang dikirimkan oleh produsen.

Setelah 4 (empat) poin di atas sudah kamu penuhi, kamu langsung bisa coba untuk memulai berjualan dengan produk bersumber langsung dari produsen.

OrderOnline harap tips-tips di atas dapat membantu kamu. Namun, agar semuanya dapat berjalan dengan maksimal, kamu tentunya harus mau mencoba dan mulai menjalani segala proses maupun rintangan yang akan kamu jumpai nantinya dalam berbisnis.

Untuk memulainya, kamu harus buang jauh-jauh rasa keraguan dari dalam benak kamu. Coba tanamkan nilai keyakinan, fokus, dan konsistensi pada diri kamu.

Mungkin sekian dulu dari OrderOnline pada artikel kali ini. Jangan lupa juga mampir dengan klik di sini ya. See you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 27, 2023

Diperbarui