Social Media: Tips Menampilkan Produk di Instagram

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

October 13, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Para pelaku bisnis mayoritas sudah mulai menjalankan bisnisnya melalui saluran social media. Dengan jangkauan serta exposure yang luas, social media menjadi ladang baru bagi para pelaku bisnis untuk menggaet lebih banyak pelanggan.

Dengan postingan produk yang menarik, para pelaku bisnis pun mampu menarik sejumlah besar followers yang di dalamnya tentu terdapat konsumen potensial.

Namun sebelum memulainya, kamu harus paham bahwa menampilkan produk dengan postingan tidak bisa dilakukan secara asal. Kamu butuh langkah-langkah yang tepat. Jika kamu posting secara asal-asalan, maka exposure serta konsumen potensial yang kamu dapat tidak akan bisa memenuhi target.

Hal ini akan mengakibatkan perkembangan bisnis kamu yang menjadi stagnan atau bahkan malah declining alias mundur.

Baca juga: Produk: Tips Jualan Produk Sendiri

Kemudian, langkah atau tips apa saja sih yang dibutuhkan untuk menampilkan produk di social media Instagram dengan baik dan benar?

Daripada berlama-lama, OrderOnline akan langsung paparkan beberapa tips nya di bawah ini.

Username

Langkah pertama yang penting namun seringkali dianggap remeh adalah menentukan username social media akun bisnis kamu. Username ini sangat penting kamu buat dengan baik agar berkesan di telinga konsumen, mudah diingat, dan berasosiasi dengan produk kamu.

Selain beberapa aspek di atas, username kamu juga harus mengandung elemen unik yang dapat mewakili brand kamu. Entah itu straightforward mengandung nama brand kamu, ataupun suatu kata unik yang mudah diingat.

Bisa OrderOnline contohkan, semisal kamu menjual produk berupa kerupuk seblak dengan brand Mang Tole. Maka, kamu bisa coba tulis username kamu semisal @seblakmangtole, @seblak_mangtole, ataupun @seblakngeunah_mangtole.

Coba hindari penggunaan huruf kapital yang rumit penempatannya agar username kamu semakin mudah diingat oleh para pelanggan kamu.

Profile Picture

Kamu bisa gunakan logo, icon, ataupun maskot dari brand kamu untuk profile picture akun Instagram bisnis kamu. Usahakan gambar terlihat jelas dan berkualitas. Kamu juga harus usahakan agar kamu tidak sering-sering mengganti foto profil akun social media bisnis kamu.

Hal ini tentu kamu lakukan agar brand produk kamu lebih mudah diingat oleh konsumen dalam jangka waktu yang lama.

Profile Bio

Tips Posting Produk di Social Media - Profile Bio

Untuk kolom bio profil dari akun social media bisnis kamu, ada 5 (lima) hal yang wajib kamu cantumkan.

  • Kenalkan value produk kamu
  • Jelaskan secara singkat tentang produk kamu
  • Gunakan emoji, namun secukupnya saja
  • Sertakan kalimat ajakan (call to action)
  • Sematkan link website bisnis kamu

Highlight

Kamu bisa memanfaatkan fitur highlight pada akun Instagram bisnis kamu untuk;

  • Menginfokan tentang promo yang sedang berlangsung di toko kamu
  • Menampilkan penjelasan secara rinci berikut keunggulan produk kamu
  • Lokasi outlet offline kamu (bila ada)
  • Testimoni dari para pelanggan kamu

Tampilan Produk

Sama halnya dengan berjualan di online marketplace, kamu juga harus memperhatikan kualitas foto dari produk yang akan kamu posting.

Dengan kualitas foto produk yang baik dan jelas, tentunya akan sangat membantu kamu untuk menarik minat para pelanggan.

Untuk melakukan hal ini, kamu bica coba untuk hire fotografer serta model agar dapat menghasilkan foto produk yang mumpuni. Namun jika dana kamu terbatas, kamu bisa melakukannya sendiri dengan bantuan rekan ataupun sahabat kamu.

Kamu juga bisa posting produk kamu seperti halnya katalog produk jika kamu enggan menggunakan model untuk produk kamu.

Terakhir, kamu juga bisa posting konten edukasi tentang produk kamu untuk menarik lebih banyak engagement.

Caption

Tips Posting Produk di Social Media - Caption

Untuk caption dari postingan akun social media bisnis, kamu harus menyisipkan beberapa poin penting di bawah ini.

  • Selipkan informasi yang paling penting di awal caption
  • Jangan ragu menggunakan emoji atau simbol (secukupnya)
  • Batasi penggunaan hashtag
  • Gunakan elemen CTA (call to action)
  • Perhatikan EYD dengan baik, agar informasi tentang produk tersampaikan dengan baik

Kesimpulan dari beberapa tips yang OrderOnline bagikan di atas adalah;  postingan produk di social media bukan hanya mementingkan kuantitas, namun juga kualitas. Jika kamu sudah memahami tips-tips tentang pengoperasian social media akun bisnis di atas, OrderOnline harap kamu bisa segera menerapkannya untuk mengembangkan bisnis kamu.

Mungkin sekian dulu dari OrderOnline. Jangan lupa juga untuk mampir ke OrderOnline dengan klik di sini untuk mempermudah bisnis kamu.

Have a nice day and see you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

October 13, 2023

Diperbarui