,

Tingkatkan Kualitas Pengiriman dengan Fitur Logistics OrderOnline

Penulis

robi wahyu

Diterbitkan

October 1, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Aspek pengiriman jadi faktor penting dalam mendukung kesuksesan transaksi di industri UMKM dan pelaku bisnis online di Indonesia. Sebagai salah satu faktor yang menunjang kepuasan pelanggan, kelancaran Pengiriman (Logistics) memiliki pengaruh signifikan bagi penyedia produk agar bisnis mereka terus berkembang, disamping menghadapi tantangan pengiriman barang saat ini masih banyak terjadi, terutama layanan COD (Cash On Delivery).

 

Meskipun demikian, data OrderOnline menunjukan metode COD masih sangat diminati dengan persentase 91% (data September 2023). Walaupun angka pengguna COD tinggi, namun masih ada tantangan yang muncul dari beragam aspek, mulai dari sisi kurir, layanan ekspedisi, konsumen hingga faktor eksternal lainnya. Beberapa contoh kasus yang sering ditemui adalah orderan fiktif, penundaan pembayaran pesanan hingga ketidaksesuaian alamat pengiriman barang yang tentunya dapat merugikan bagi kedua belah pihak.

 

Data Pilihan Metode Pembayaran di OrderOnline (September 2023)

Berawal dari permasalah tersebut, OrderOnline sebagai platform Software as a Services (SaaS) hadir memberikan solusi untuk mendukung pengiriman yang efektif dan efisien dengan fitur Logistics. Inovasi ini menjadi salah satu komitmen OrderOnline dalam rangka mendorong penguatan bisnis para UMKM dan pelaku bisnis online menghadapi tantangan pada pengiriman.

 

Fitur Logistics

 

Fitur Logistics akan membantu pengiriman barang ke customer lebih optimal karena OrderOnline telah bekerja sama dengan 3PL (Third Party Logistic), sehingga pengguna (UMKM & pelaku Bisnis Online) dapat secara langsung memilih beragam ekspedisi pilihan dengan mengakses melalui satu dasbor.

 

Tentunya, kerjasama OrderOnline dengan pihak ekspedisi atau penyedia jasa pengiriman akan membantu UMKM & pelaku Bisnis Online untuk memberikan kualitas pengiriman yang terbaik karena berkolaborasi dengan ekspedisi yang memiliki success rate pengiriman diatas 90%, seperti seperti OExpress, JNE, Ninja Xpress, J&T, SAP, dan lainnya.

 

Baca juga: Sambut Hari Pelanggan, UMKM & Bisnis Online Bisa Manfaatkan Fitur Logistics OrderOnline.id untuk Optimalkan Layanan Pengiriman

 

Tak henti disitu, Fitur Logistics OrderOnline juga mendukung pilihan pintar atau (Smart Mode) yang disebut dengan Smart Logistics. Teknologi ini dapat secara otomatis merekomendasikan pengguna untuk memilih ekspedisi atau penyedia jasa pengiriman berdasarkan success rate yang tinggi pada lokasi atau wilayah tujuan.

 

Dengan memanfaatkan fitur Logistics, pengguna yang berlatarbelakang UMKM dan pelaku bisnis online dapat menekan potensi kerugian yang disebabkan paket gagal terkirim atau RTS (Return to Shipper). Paket RTS ini tentunya juga akan berpengaruh pada kepercayaan pembeli atau angka success rate pengiriman pada suatu brand/produk.

 

Sehingga, adanya fitur ini juga tak hanya membantu dari segi pengiriman yang berkualitas melainkan juga meningkatkan success rate pengiriman mereka. Untuk memfas melalui kerjasama OrderOnline.id yang menjembatani pengguna dengan berbagai perusahaan penyedia jasa pengiriman atau ekspedisi.

 

Disamping membantu aspek pengiriman, Fitur Logistics punya manfaat lain yang dapat dimanfaatkan dengan maksimal seperti Logistic Monitoring untuk pemantauan pengiriman secara berkala, bantuan Tim Support saat terjadi kendala dan proses claim, serta mendukung metode pembayaran COD.

 

Baca juga Fitur-fitur lain di OrderOnline: 16 Fitur OrderOnline yang Memudahkan Proses Kelola Bisnis Online

 

Program Cashback Ongkir 50% 

 

 

Dalam rangka mendukung pertumbuhan UMKM & pelaku Bisnis Online melalui pengiriman yang berkualitas, saat ini OrderOnline sedang menjalankan program Cashback Ongkir 50% . Program ini dapat dinikmati oleh pengguna baru dan pengguna lama yang akan berlangsung selama periode 1 Oktober 2023 – 31 Desember 2023.

Syarat & Ketentuan mengikuti program Cashback Ongkir 50% :

  1. Berlangganan akun OrderOnline (Personal/Business/Enterprise);
  2. Wajib mengaktifkan Fitur Logistics;
  3. Wajib mengaktifkan Smart Logistics;
  4. Tidak ada minimum jumlah ongkir;
  5. Cashback 50% berlaku untuk semua origin & destinasi pengiriman;
  6. Cashback 50% berlaku untuk pengiriman menggunakan ekspedisi berikut:
    • Ninja Xpress (Standard)
    • OExpress (Hore)
  7. Program ini berlaku untuk metode COD maupun Non-COD;
  8. Penarikan Dana Casback dapat dilakukan setiap tanggal 10 di bulan berikutnya;
  9. Catatan: apabila destinasi tidak ter-cover OExpress dan NinjaXpress, secara otomatis direkomendasikan menggunakan JNE.Untuk mengikuti program Cashback Ongkir 50%, silakan kunjungi laman berikut.

Penulis

robi wahyu

Diterbitkan

October 1, 2023

Diperbarui