, ,

Usaha: Ide Kegiatan Produktif Online di Kampung

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

October 24, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Di zaman yang serba digital ini, potensi bisnis bisa muncul bahkan dari pelosok pedesaan. Salah satu usaha ataupun bisnis yang bisa kamu lakukan dan terbilang fleksibel dalam pelaksanaannya adalah usaha dengan media online.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi serta jaringan internet, kamu bisa mendongkrak potensi terpendam yang ada di kampung. Potensi baik itu berupa sumber daya, atau bahkan budaya pun dapat kamu sajikan ke media online sebagai produk konsumsi yang menarik bagi masyarakat.

Baca juga: Bisnis: Peluang Bisnis Offline di Pedesaan

Kemudian, apa saja contoh dari bentuk kegiatan usaha online yang bisa kamu lakukan dari kampung? Yuk, langsung saja kamu simak beberapa ide dari OrderOnline di bawah ini.

1. Menjual Hasil Pertanian dan Perkebunan via Online

Menjual Hasil Panen via Online

Sudah barang tentu bahwa kampung dengan lahan subur yang luas memiliki hasil panen yang melimpah. Sayangnya, karena keterbatasan jaringan distribusi dan kurangnya rekognisi, hasil pertanian pun terkadang belum bisa mencapai pasar serta konsumen yang lebih luas.

Namun dengan hadirnya jaringan internet, proses pemasaran serta transaksi skala besar pun dapat dilakukan bahkan dari kampung sekalipun. Dengan hal ini, masalah mengenai rantai distribusi pun dapat terselesaikan dengan cepat.

Kamu pun nantinya akan dapat menjual hasil pertanian maupun perkebunan kamu kepada siapapun dengan bantuan jaringan internet.

Untuk memulai usaha ini, kamu bisa langsung mengumpulkan hasil panen terbaik dan kemudian memasarkannya via online.

Dalam memasarkan hasil panen kamu ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu bisa membuat website ataupun media sosial sendiri untuk langsung memasarkan dan menjualnya. Kedua, kamu bisa memanfaatkan marketplace khusus hasil pertanian yang banyak tersedia. Beberapa di antaranya adalah TaniHub, SiKumis, Agromaret, dan masih banyak lagi marketplace lainnya.

2. Konten Bertemakan Kampung dan Pedesaan

Content Creator Bertemakan Kampung

Kamu mungkin sudah mendengar angka fantastis yang dihasilkan oleh seorang content creator bukan? Kamu bisa menirunya dengan membawa serta memberikan konten yang memiliki identitas kampung ataupun pedesaan.

Apalagi di zaman sekarang, tidak terlalu susah untuk viral di dunia maya jika konten yang kamu sajikan dapat menarik minat banyak orang. Kamu hanya perlu untuk konsisten menyajikan konten agar algoritma dari sosial media ataupun portal berbagi video dapat mendongkrak engagement dari channel atapun akun kamu.

Untuk topik yang kamu bawakan, kamu bisa coba membahas tentang budaya masyarakat di kampung, kuliner khas, sejarah ataupun cerita urban, serta masih banyak lagi tema bahasan lainnya.

Bahkan jika kamu terus konsisten dalam membuat konten dengan identitas kampung, bukan tidak mungkin penonton yang berhasil kamu gaet dapat mencapai ranah nasional maupun internasional.

Membuat konten seperti ini pun tentu dibutuhkan usaha berupa waktu, tenaga, dan bahkan biaya. Namun jika kamu konsisten, bukan tidak mungkin bahwa kamu akan menjadi seorang content creator dengan penghasilan yang luar biasa.

3. Blog Bertemakan Kampung dan Pedesaan

Blogger Bertemakan Kampung

Ide terakhir adalah menjadi seorang blogger. Namun tentu pertanyaannya adalah bagaimana cara menghasilkan uang dari blog? Pertama, tentunya kamu harus membuat blog terlebih dahulu. Jika target kamu adalah penduduk dalam negeri, kamu bisa gunakan bahasa indonesia. Jika target kamu adalah masyarakat internasional, pergunakanlah bahasa inggris.

Langkah selanjutnya, upload beragam konten dengan topik menarik mengenai kampung dan pedesaan. Setelahnya, langkah yang paling penting adalah memasang Google Adsense. Dari Google Adsense inilah penghasilan akan kamu dapat.

Penghasilan yang kamu dapat ini bersumber dari jumlah tayangan serta jumlah klik iklan yang berasal dari blog kamu. Dari jumlah tayangan serta klik inilah yang nantinya akan menghasilkan pemasukan berupa dollar.

Para blogger yang telah menjalankan usaha seperti ini banyak yang sudah memiliki pemasukan sebesar puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah.

Bagaimana? Usaha dari kampung tentu bukanlah hal yang sulit bukan? Asal ada niat, tentu pasti ada jalannya. OrderOnline harap, kamu tetap terus optimis dan semangat dengan menjalankan usaha online dari kampung.

Kamu juga bisa mampir ke OrderOnline dengan klik di sini untuk memudahkan usaha online kamu ke depannya.

Mungkin sekian dulu dari OrderOnline. See you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

October 24, 2023

Diperbarui