,

Indonesia: Negeri Jagoan Bisnis di Tahun 2024!

Penulis

Gema Pradana

Diterbitkan

February 2, 2024

Diperbarui

Daftar isi

Kamu mungkin belum kebayang, ternyata Indonesia bisa gas ngebut di tahun 2024! Why? Let’s see.

Pertama, range umur penduduknya yang masih muda dan tentunya melek teknologi. Kedua, alamnya pun juga kaya raya. Ketiga, pemerintah Indonesia juga sedang getol mendukung inovasi. Ditambah juga, peluang bisnis semakin meledak ibarat petasan di malam Lebaran! Tapi, ketimbang bermain dengan petasan yang berbahaya, lebih baik kita gas cari cuan.

Baca juga: Facebook Ads: Perkenalan Berikut Manfaat yang Bisa Kamu Dapat

Mau tau nih, kira-kira sektor apa aja yang sedang booming untuk target kamu mencari cuan? Yuk, OrderOnline list langsung beberapa di antaranya:

1. Infrastruktur: Jalan Tol Lebar-Lebar, Rejeki Mengalir Deras!

Seperti yang kita lihat, pemerintah lagi semangat banget ngebangun jalan tol, jembatan, dan juga infrastruktur keren lainnya. Artinya, toko bangunan, pabrik material, sampai buruh kerja kasar pun akan kebanjiran job. Kamu bisa coba cari peluang di sektor ini.

2. Jualan Online: Dari Baju Sampai Bakso, Laris Manis di Internet!

Orang Indonesia pastinya paling juara kalau urusan belanja online. Mau itu jualan baju, sepatu, sampai bakso frozen, dijamin laris manis deh. Apalagi kalau kamu jago ngomong sambil selling di Instagram dan TikTok!

3. Aplikasi Serba Bisa: Jagoan dalam Genggaman yang Bikin Hidup Gampang!

Smartphone tentu sudah jadi pegangan setiap orang di Indonesia. Buat kamu yang memiliki expertise dalam pemrograman, kamu bisa coba bikin aplikasi apapun yang kiranya akan mempermudah kehidupan. Terlebih, sekarang sudah mulai banyak orang yang ingin belajar dengan mudah. Aplikasi belajar online bisa jadi salah satu idenya tuh!

4. Panen Cuan dari Lahan Pertanian: Sayur Organik, Jagoan Dapur Masa Depan!

Panen Cuan dari Lahan Pertanian Indonesia

Dengan semakin meleknya orang terhadap pola hidup sehat, semakin banyak juga orang yang lebih picky dengan apa yang mereka makan. Kamu bisa coba cari peluang disini juga nih! Mungkin kamu bisa coba bercocok tanam sayur serta buah yang bebas pestisida.

5. Robot Pintar: Teman Bisnis Masa Kini!

Kecerdasan buatan (AI) kian hari kian naik daun. Kamu bisa coba bikin program dengan AI yang bisa bantu ngurusin pelanggan, nulis laporan keuangan, ataupun ngitungin stok barang. Demand dari client kamu yang juga pebisnis pasti akan masuk berdatangan.

6. Pariwisata Indonesia: Dari Sabang Sampai Merauke, Wisatawan Padat Merayap!

Negara Indonesia kita udah cantik, sekarang waktunya untuk semakin getol pamerin ke orang-orang diluaran! Kamu bisa coba buat biro perjalanan kecil-kecilan, kerjasama dengan pemilik properti setempat untuk tempat stay tamu-tamu kamu nantinya. Tentunya, kamu juga harus cari ide rute perjalanan plus kegiatan agar liburan tamu kamu lebih memorable!

7. Belajar Seru: Pintar Maksimal

Ingat, pendidikan itu juga bagian dari investasi masa depan. Bikin platform belajar online, kursus Bahasa Inggris via Zoom, atau aplikasi ngaji digital. Selain membantu anak-anak muda belajar, orangtua tentu juga akan merasa dimanjakan.

8. Produk Halal: Rejeki dari Negeri dengan Penduduk Muslim Terbanyak!

Penduduk Indonesia mayoritasnya muslim. Hal ini tentu jadi peluang yang besar banget. Kamu bisa coba satu dari berbagai macam peluang seperti produksi makanan halal, baju muslim trendi, kosmetik herbal, atau jasa konsultasi keuangan syariah. Pasti laris manis!

9. Dokter Online: Sehat Gak Ribet

Rumah sakit jauh, ngantri lama, biaya mahal? Coba bikin layanan konsultasi dokter online, sewa alat kesehatan yang terjangkau, atau aplikasi antar obat ke rumah. Dengan ini, untuk sehat pastinya akan jadi lebih gampang! Yakin deh, pasti banyak yang minat.

Ingat juga, jagoan bisnis Indonesia harus:
  • Ngomong sama Hati: Kenali budaya Indonesia, biar bisnis kamu disayang pelanggan.
  • Temenan sama Tetangga: Kerja sama dengan pengusaha lokal, biar sukses bareng-bareng.
  • Pintar Ngebut dan Belok: Tren cepat berubah, bisnis kamu kudu gesit dan siap ngikutin arus.

Jadi, tunggu apa lagi? Indonesia telah menggelar karpet merah buat kamu. Yuk, tancap gas, raih cuan, dan jadi jagoan bisnis di Negeri tercinta!

Mungkin itu beberapa insight ide bisnis dari OrderOnline di awal tahun 2024 ini. Tetap berkarya dan berinovasi, demi menambah pundi cuan agar kian berisi! See you next time!

Penulis

Gema Pradana

Diterbitkan

February 2, 2024

Diperbarui